Pantun Motivasi

Buah papaya buah delima,Hidup di hutan bewarna ungu,Kalau ingin naik kelas dua,Rajinlah belajar setiap waktu

Senin, 22 Oktober 2012

Makna Sumpah Pemuda

Makna Dari Sumpah Pemuda

Setiap tahun kita selalu merayakan Hari Sumpah Pemuda tepatnya pada tanggal 28 Oktober.
Pastinya tau kan.. kadang ada juga yang lupa tanggal ini bisa gawat kan kalo kita ditanya oleh orang luar negeri tapi g tau tanggal apa itu bisa-bisa diketawain dan jangan pernah bilang saat ditanya ini hari rabu . 

Seperti yang kita tau kita harus kembali mengumpulkan semangat, jiwa nasionalisme dan bangkit menjaga dan mengawasi perjuangan bangsa kita dan para pahlawan dengan melakukan pengawasan dan berbuat lebih banyak terhadap negara kita.Persatuan dan Kesatuan sumpah pemuda memberikan kita makna dan membimbing kita sebagai generasi muda yang sekarang ataupun yang akan datang untuk tetap tegak dalam menjaga ataupun membela NKRI  .


Makna Sumpah Pemuda perlu kita terapkan di dalam kehidupan kita sehari-hari,Mengapa? Negeri kita ini memiliki keanekaragaman yang bermacam-macam oleh karena itu Sumpah Pemuda sangatlah penting dengannya kita dapat mencegah diskriminasi-diskriminasi yang terjadi di negeri kita saat ini. Sebagai contoh seseorang menjauhi temannya karena perbedaan suku hal ini tentu menimbulkan perpecahan bangsa.

Kita ketahui bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 adalah Cerminan dari tekad dan ikrar para Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa. Pada saat itu mereka tidak membeda-bedakan Suku, Pulau, dan Organisasi mana, karena tekad mereka ingin bersatu untuk merebut Kemerdekaan dari para penjajah. Semangat Persatuan pada waktu itu sangat menonjol, mereka bertekad hidup atau mati tiada jalan lain untuk merebut kemerdekaan kecuali bersatu padu.

 

 Hasil dari tekad dan ikrar para pemuda yaitu pernyataan Sumpah Pemuda yang berbunyi:
1. Kami putra putri Indonesia mengaku, bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
2. Kami putra putri Indonesia mengaku, berbangsa satu bangsa Indonesia.
3. Kami putra putri Indonesia mengaku, menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar